Visi Misi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

VISI


Visi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah pada tahun 2025 menjadi program studi unggul yang menghasilkan pendidik dan peneliti pendidikan di tingkat sekolah dasar yang bertakwa, mandiri, dan cendekia dalam pendidikan anak dan literasi sesuai perkembangan ipteks yang berwawasan kebangsaan Indonesia.


MISI

Misi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta sebagai berikut.

  1. Melaksanakan pendidikan untuk menghasilkan pendidik dan peneliti pendidikan di tingkat sekolah dasar yang profesional.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, serta seni (IPTEKS) dalam pendidikan di sekolah dasar.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bercorak ke-SD-an menuju terlaksananya pendidikan dan pembelajaran profesional di SD.

 

TUJUAN

Tujuan penyelenggaraan prodi PGSD FIP UNY sebagai berikut.

  1. Menghasilkan lulusan calon tenaga pendidik SD yang memiliki:
  1. kompetensi dan pengetahuan tentang peserta didik SD dan berbagai teori yang mendasari dan mendukung pengkajian keilmuan dan keahlian lulusan pada tataran kompetensi dan materi pembelajaran, metodologi pembelajaran, kultur sekolah dan dinamika kehidupan sekolah, manajemen sekolah, pemberdayaan sekolah, life skills (soft skill, vocational skill, & leadership skill), dan memiliki kepribadian dan budi pekerti luhur,
  2. sikap humanis dan profesional, yaitu mengoptimalkan semua potensi peserta didik SD untuk dibina menuju kemandirian,
  3. kemampuan kerja dan tanggung jawab terhadap profesinya di bidang pendidikan guru SD dengan melakukan pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung pengembangan profesinya.
  1. Mengembangkan keilmuan di bidang sekolah dasar melalui penelitian untuk meningkatkan dan mengembangkan keilmuan ke-SD-an yang mutakhir menuju terwujudnya pendidikan sekolah dasar yang lebih bermutu dan berkualitas.
  2. Membantu kemaslahatan masyarakat dalam mengatasi persoalan dan pemenuhan kebutuhan pendidikan bagi peserta didik SD melalui pengabdian kepada masyarakat.
  3. Tercipta jaringan kerja sama antarlembaga untuk berlangsungnya pengembangan dan praktik bagi penanganan pendidikan bagi peserta didik SD.
  4. Tercipta kegiatan pendukung bagi pembelajaran bidang soft skills dan teknologi informasi yang dibutuhkan oleh profesi pendidik dan peserta didik SD.

 

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

Sasaran dan strategi pencapaian tertuang dalam Renstra Prodi PGSD Tahun 2015-2019

sasaran

Indikator Sasaran Pencapaian

Target Tahun...

Strategi Pencapaian

2015

2016

2017

2018

2019

Status Kelembagaan

Akreditasi Prodi

B

B

A

A

A

Melakukan pengembangan dan evaluasi diri setiap tahun

Rasio Seleksi Mahasiswa

1:50

1:55

1:60

1:65

1:70

Peningkatan publikasi melalui media cetak maupun elektronik

Kerjasama kemitraan dengan instansi atau institusi dalam negeri

30

40

50

60

70

Peningkatan kerjasama dengan instansi dalam negeri, yaitu SD mitra PPL, Sekolah sasaran PPM dan Penelitian, Dinas Pendidikan Provinsi, Kota, dan Kabupaten di DIY dan Jawa Tengah.

Kerjasama kemitraan dengan instansi atau institusi luar negeri

10

12

15

17

20

Peningkatan kerjasama dengan instansi luar negeri, yaitu USAID Prioritas, Michigan State University

Pengembangan program studi melalui asosiasi profesi dalam rangka KKNI (%)

100

100

100

100

100

Aktif dalam kegiatan Asosiasi Dosen PGSD se-Indonesia, temu kolegial dosen PGSD, dan Forum Fakultas Ilmu Pendidikan

Pengembangan program studi melalui asosiasi profesi tingkat nasional (%)

100

100

100

100

100

Aktif dalam kegiatan asosiasi dosen atau profesi nasional (ISPI, Asosiasi Dosen PGSD se Indonesia, dll.)

Pengembangan program studi melalui asosiasi profesi tingkat internasional (%)

5

10

15

20

25

Aktif dalam kegiatan asosiasi dosen atau profesi internasional, seperti CESA, ISPE, dll.

Iklim Akademik

Kualifikasi dosen minimal S2 (%)

100

100

100

100

100

Fasilitas beasiswa untuk studi lanjut

Kualifikasi dosen minimal S3 (%)

20

25

30

40

50

Fasilitas beasiswa untuk studi lanjut dan bantuan dana penyelesaian disertasi.

Skor TOEFL dosen minimal 475 (%)

10

20

30

40

50

Kursus bahasa inggris dengan biaya oleh Fakultas/Universitas sebagai upaya untuk mendorong dosen studi lanjut ke luar negeri dan meningkatkan publikasi jurnal internasional.

Dosen Tamu

4

6

8

10

12

Peningkatan kerjasama dengan instansi lain

Ketersediaan deskripsi mata kuliah, silabus, dan SAP (%)

80

90

100

100

100

Workshop dewan dosen dalam rumpun keilmuan untuk menyusun deskripsi mata kuliah, silabus dan SAP.

Ketersediaan konten digital pembelajaran (e-learning) (%)

20

30

40

50

60

Adanya fasilitas melalui dana pendampingan dari Fakultas dalam penyusunan bahan ajar e-learning

Rata-rata kehadiran dosen tetap dalam perkuliahan (%)

100

100

100

100

100

Monitoring kehadiran dosen setian awal, tengah, dan akhir semester.

Rerata jumlah pertemuan pembimbingan akademik

8

8

8

8

8

Monitoring pembimbingan akademik. Memaksimalkan pembimbingan akademik melalui berbagai media komunikasi (email, telephone, sms, WA).

Rerata jumlah pertemuan pembimbingan skripsi

15

15

15

15

15

Monitoring pembimbingan skripsi. Memaksimalkan pembimbingan akademik melalui berbagai media komunikasi (email, telephone, sms, WA).

Peningkatan penyusunan buku pegangan perkuliahan

5

8

10

12

15

Pengkajian melalui diskusi rumpun keilmuan untuk mencermati aspek-aspek pokok dalam mengembangkan buku pegangan perkuliahan.

Peningkatan referensi elektronik & nonelektronik (%)

5

7

10

13

15

Hibah penulisan sumber belajar elektronik dan cetak

Peningkatan relevansi materi perkuliahaan dengan kebutuhan pengguna alumni (%)

100

100

100

100

100

Diskusi dan penentuan permasalahan pendidikan yang menjadi prioritas untuk dituangkan dalam bahan ajar dan menjadi kajian perkuliahan.

Pemanfaatan fungsi laboratorium untuk mendukung perkuliahan (%)

50

75

100

100

100

Pemetaan permasalahan pendidikan dan kompetensi mata kuliah yang perlu dukungan laboratorium.

Rerata waktu penyelesaian skripsi (bulan)

9

8

8

8

8

Evaluasi secara periodik terhadap waktu penyelesaian skripsi.

Masa studi mahasiswa (tahun)

4,8

4,6

4,5

4,2

4

Evaluasi internal (kurikulum dan sistem pembimbingan tugas akhir).

Kelulusan tepat waktu (%)

 

70

75

80

85

90

Evaluasi internal (kurikulum) dan mengefektifkan sistem pembimbingan tugas akhir.

Nilai TOEFL lulusan ≥ 400 (%)

100

100

100

100

100

Sebagai salah satu persyaratan pendaftaran ujian skripsi.

Mahasiswa DO atau mengundurkan diri tiap angkatan (%)

1

1

0

0

0

Peningkatan kualitas perkuliahan, evaluasi berkala, mengefektifkan bimbingan akademik dan skripsi.

Rerata masa tunggu lulusan memperoleh pekerjaan (bulan)

5

5

3

2

2

Bimbingan karir, rekomendasi dari prodi, pelacakan alumni (tracer study)

Kesesuaian bidang kerja lulusan dengan bidang studi (%)

80

85

90

95

95

Bimbingan karir, rekomendasi dari prodi, pelacakan alumni (tracer study)

Jumlah program dan kegiatan akademik untuk menciptakan suasana akademik

5

6

8

9

10

Mengadakan pelatihan, seminar, studi banding, lokakarya nasional, internasional, jurnal club.

Publikasi riset dalam jurnal internasional

0

0

2

4

6

Pendampingan dan pemberian insentif dari universitas untuk penulisan artikel hasil riset agar layak dipublikasikan dalam jurnal internasional.

Publikasi riset dalam jurnal nasional terakreditasi

2

3

5

7

10

Pendampingan penulisan artikel hasil riset agar layak dipublikasikan dalam jurnal nasional.

Publikasi riset dalam jurnal nasional tidak terakreditasi

5

10

15

20

25

Pendampingan penulisan artikel hasil riset agar layak dipublikasikan dalam jurnal nasional.

Perolehan HAKI/paten

2

3

5

8

10

Pendampingan perolehan HAKI.

Publikasi riset dalam prosiding seminar internasional

5

7

10

12

15

Pendampingan penulisan artikel hasil riset untuk seminar.

 

Publikasi riset dalam prosiding seminar nasional

5

8

12

15

20

Pendampingan penulisan artikel hasil riset untuk seminar.

Kegiatan Penelitian

Peningkatan jumlah proposal yang didanai pada kompetisi hibah tingkat fakultas dan universitas

5

10

15

20

25

Fasilitasi dan mendorong penelitian dosen melalui berbagai sumber pendanaan DIPA universitas.

Peningkatan Jumlah proposal yang didanai pada kompetisi hibah tingkat nasional

5

10

15

20

25

Fasilitasi dan mendorong penelitian dosen melalui berbagai sumber pendanaan hibah dikti

Publikasi dosen dalam bentuk buku referensi, jurnal bereputasi, dan jurnal terindex scopus.

1

2

4

6

8

Fasilitasi melalui hibah penulisan buku dan publikasi jurnal

Terciptanya kegiatan untuk peningkatan fungsi laboratorium sebagai pendukung penelitian

1

2

4

6

8

Optimalisasi laboratorium sebagai pusat perkuliahan dan penelitian

 

Keterlibatan mahasiswa dalam setiap penelitian

20

30

40

50

60

Pemberdayaan mahasiswa dalam penelitian dosen, salah satu persyaratan pengajuan proposal penelitian.

Kegiatan Pengabdian

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat

10

15

20

25

30

Fasilitasi dan mendorong kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui berbagai sumber pendanaan (DIPA, Hibah, permohonan dari instansi lain, dan mandiri).

Keterlibatan mahasiswa dalam pengabdian kepada masyarakat

20

25

30

35

40

Pemberdayaan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian masyarakat dosen melalui berbagai sumber pendanaan (DIPA, Hibah, permohonan dari instansi lain, dan mandiri).

Kegiatan Perkuliahan

Rata-rata IPK mahasiswa

3,00

3,30

3,50

3,60

3,70

Meningkatkan kualitas perkuliahan, sarpras, penyelenggaraan semester khusus, peningkatan kualitas SDM.

Rata-rata masa studi mahasiswa (bulan)

56

54

53

50

48

Workshop percepatan TAS

dan monitoring DPS dan mahasiswa

Kegiatan seminar

Penyelenggaraan Seminar Nasional

1

1

1

2

2

Mengadakan seminar nasional

Penyelenggaraan Seminar Internasional

1

1

1

1

1

Mengadakan seminar internasional

Kegiatan pelatihan & workshop

Pelatihan

2

2

2

2

2

Mengadakan pelatihan dan kerjasama (PLPG dan PPG).

Workshop

2

2

2

2

2

Mengadakan workshop nasional.

Kemahasis-waan

Kejuaraan yang telah dimenangkan dalam kompetisi

2

3

4

5

6

Peningkatan apresiasi terhadap mahasiswa berprestasi dalam ilmu pengetahuan, teknologi, olah raga dan seni.

Mahasiswa yang terlibat dalam organisasi (BEM, HIMA, UKM, dll)

20

25

30

35

40

Peningkatan fasilitas penyelenggaraan program kerja organisasi mahasiswa, pemberian kesempatan mahasiswa untuk berinovasi dan berkreativitas

Sarana dan prasarana

Ketersediaan ruang kuliah yang memenuhi standar minimal untuk pembelajaran (%)

100

100

100

100

100

Pemeliharaan ruang dan pengadaan barang fasilitas perkuliahan

Kelengkapan laboratorium terutama instrumen dan peralatannya (%)

75

80

100

100

100

Perencanaan kebutuhan untuk penambahan dan pengadaan, penentuan prioritas pengadaaan, pengusulan pada lembaga, evaluasi kebermanfaatan terkait dengan learning outcome