Kompetensi Lulusan

Kompetensi Lulusan S1 PGSD


 

Learning Outcomes atau kompetensi lulusan program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dikembangkan dari profil yang telah ditetapkan. Capaian pembelajaran (LO) prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar adalah sebagai berikut.

1. SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang diwujudkan dengan sikap religius, jujur dan sabar.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, agama, norma, dan etika dalam menjalankan tugas.
  3. Memiliki rasa bangga dan cinta tanah air, serta tanggung jawab pada bangsa dan negara.
  4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  5. Memiliki sikap peduli dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila.
  6. Memiliki kepekaan sosial dan kepedulian di lingkungan masyarakat.
  7. Bersikap adil, taat hukum, dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Memiliki semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  9. Memiliki rasa tanggung jawab atas pekerjaan sesuai bidang keahlian.
  10. Bersikap kritis terhadap perkembangan Ipteks terkait dengan profesi sebagai pendidik dan peneliti pendidikan di tingkat sekolah dasar.

2. PENGETAHUAN

  1. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasai karakteristik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial peserta didik sekolah dasar.
  3. Menguasai konsep dasar lima bidang studi utama (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn) di sekolah dasar.
  4. Menguasai konsep, teori, dan prinsip kurikulum; pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, sumber dan media pembelajaran, khususnya pada muatan lima bidang studi utama (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, dan PPKn) di sekolah dasar.
  5. Menguasai konsep, teori, dan prinsip penilaian proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  6. Menguasai hakikat layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku peserta didik.
  7. Menguasai program rancangan, pengelolaan, dan evaluasi pelaksanaan program pendidikan dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahlian.
  8. Menguasai konsep, teori, dan prinsip pendidikan dengan dan melalui seni, budaya, dan prakarya dalam mengembangkan berbagai inovasi pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD.
  9. Menguasai konsep, teori, dan prinsip pembelajaran literasi yang terkait dengan bidang-bidang yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran di SD, yang meliputi bidang studi utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan PPKn).
  10. Menguasai konsep dasar, metode, dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar.

3. KETERAMPILAN

  1. Mampu mengembangkan materi pembelajaran lima bidang studi utama di sekolah dasar.
  2. Mampu mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, sebagai guru kelas khususnya pada muatan lima bidang utama di sekolah dasar.
  3. Mampu melaksanakan evaluasi proses dan produk pembelajaran di sekolah dasar.
  4. Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku peserta didik dalam pembelajaran.
  5. Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan program pendidikan dengan memanfaatkan pengetahuan dan bidang keahlian.
  6. Mampu mendiseminasikan gagasan dan karya inovatif untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar.
  7. Mampu mengimplementasikan pendidikan dengan dan melalui seni, budaya, dan prakarya dalam mengembangkan berbagai inovasi pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD.
  8. Mampu mengimplementasikan pembelajaran literasi yang terkait dengan bidang-bidang yang mendukung peningkatan mutu pembelajaran di SD, yang meliputi bidang studi utama (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan PPKn).
  9. Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran bidang studi utama SD (Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, dan PPKn) dengan memanfaatkan pengetahuan berbasis TIK.
  10. Mampu mengimplementasikan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pendidikan di sekolah dasar.