Mahasiswa PGSD Raih Juara 2 Nasional Lomba Inovasi Pembelajaran Cartesion 2020 Primary tabs View(active tab)

Mahasiswa Prodi PGSD FIP UNY meraih Juara 2 Nasional Lomba Inovasi Pembelajaran Carttesion UNY 2020 yang diselenggarakan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UNY, Sabtu, 15 Agustus 2020, di Digital Library UNY. Khaoirunnisa Zulfa Alifah, Risha Setyawati dan Nur Raisah mengembangkan karya dengan judul “TIC TAC TOE : INOVASI MODEL PEMBELAJARAN ABAD 21 SEBAGAI UPAYA PENANGANAN SAMPAH RUMAH TANGGA DI ERA PANDEMI COVID-19”

Khoirunnisa menjelaskan Model Tic Tac Toe (Time Collection, Team Collaboration, Think Cooperation) mengedepankan konsep keahlian 6 C yang dibutuhkan di abad 21 dalam rangka pembelajaran dari rumah sebagai solusi dalam penanganan peningkatan sampah rumah tangga akibat pandemi COVID19. “Time Collection” artinya pengumpulan waktu, model ini pengembangan dari model Problem Solving dan Course Review Horray. “Team Collaboration” artinya kolaborasi tim, model ini pengembangan dari model Project Based Learning. “Think Cooperation” artinya kerja sama dalam berpikir, model ini pengembangan dari model Time Token Arands.”, paparya.

Nisa menambahkan, Melalui inovasi pembelajaran ini diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan guru yang merasa kesulitan dalam merancang proses pembelajaran jarak jauh, dapat menambah inisiatif bagi guru untuk melaksanakan model pembelajaran dengan sumber belajar berbasis daring yang variatif sehingga pembelajaran akan berlangsung menyenangkan , tidak membuat siswa merasa terbebani, meningkatkan motivasi pembelajaran jarak jauh, dan siswa dapat belajar sejak dini menjaga kebersihan lingkungan sekitar rumah di era pandemi COVID19 melalui pengelolaan dan penanganan sampah secara kretif dan inovatif.

Lomba inovasi Pembelajaran ini diikuti oleh 23 tim seluruh Indonesia, dan dipilih 10 karya terbaik untuk dipresentasikan via zoom meeting, hingga akhirnya Khirunnisa dan kawan kawan akhirnya meraih Juara 2. Video inovasi pembelajaran yang dibuat oleh tim Tic Tac Toe bisa dilihat di youtube dengan link https://youtu.be/NuIHtlDrsK0 .(Rit)